Studi Bitget: 70% Investor Berencana Meningkatkan Investasi BTC Tahun 2024

REPUBLIKA.CO.ID, VICTORIA – Bitget, perusahaan pertukaran mata uang kripto dan Web3 terkemuka di dunia, telah merilis studi komprehensif tentang halving Bitcoin yang akan datang pada bulan April 2024 dan dampaknya terhadap keputusan investasi. Jajak pendapat ini, yang dilakukan terhadap berbagai kelompok populasi dunia, memberikan wawasan tentang pola pikir investor kripto dan bagaimana mereka memperkirakan pasar akan berubah setelah halving.

Sebanyak 9.748 peserta dari Eropa Barat, Eropa Timur, Asia Tenggara, Asia Timur, MENA, dan Amerika Latin berpartisipasi dalam penelitian ini. Metodologi yang digunakan adalah menganalisis data yang dianonimkan dengan fokus pada bagaimana investor memandang Bitcoin halving dan bagaimana keputusan investasi mereka akan berubah tergantung pada halving tersebut.

Seperti disebutkan sebelumnya, 84% peserta memperkirakan BTC akan menembus harga tertinggi sepanjang masa pasar bullish sebelumnya yaitu $69,000 pada pasar bullish berikutnya, dengan hampir semua wilayah lain di atas 80%, kecuali Eropa Timur.

Secara global, lebih dari separuh responden memperkirakan bahwa harga Bitcoin akan berada di antara $30.000 dan $60.000 pada saat halving (sekitar April 2024), sementara 30% memperkirakan harga akan melebihi $60.000.

Sekitar 70% responden menyatakan rencana untuk meningkatkan investasi dalam kriptografi, dengan pangsa yang lebih tinggi di Timur Tengah dan Eropa Timur menunjukkan tren yang lebih kuat menuju peningkatan investasi.

Data tersebut menunjukkan suasana “hati-hati dalam jangka pendek dan optimis dalam jangka panjang” di kalangan investor Eropa Barat.

Hampir 84% investor yang disurvei percaya bahwa halving Bitcoin akan berdampak positif pada pasar kripto dan mendorong Bitcoin ke level tertinggi sepanjang masa di $69,000. Sentimen ini terutama kuat di pasar Amerika Latin, Asia Timur dan Tenggara. Sebaliknya, kawasan Eropa menunjukkan ekspektasi yang lebih konservatif.

Prediksi harga Bitcoin untuk halving sekitar bulan April 2024 memberikan gambaran yang beragam. Meskipun banyak investor di seluruh dunia memperkirakan kisaran harga $30.000 hingga $60.000, sekitar 30% responden memperkirakan harga di atas $60.000 dengan optimisme yang tinggi di pasar seperti Amerika Latin.

Melihat lebih jauh dari halving, investor sangat yakin bahwa Bitcoin akan melampaui level tertinggi sebelumnya pada jalur optimal berikutnya sehingga bahkan area yang paling berhati-hati pun menunjukkan optimisme yang besar mengenai masa depan mata uang kripto tersebut. Prospek ini didukung oleh kombinasi kehati-hatian jangka pendek dan keyakinan jangka panjang, terutama terlihat di beberapa pasar Eropa.

Terkait prediksi All-Time High (ATH) untuk pasar bullish berikutnya, mayoritas (55%) memperkirakan harga Bitcoin akan stabil antara $50,000 dan $100,000, sementara sebagian kecil namun signifikan lebih optimis dan memperkirakan bahwa Bitcoin – Harga akan naik di atas 150 ribu dolar. Optimisme ini terutama terlihat di Eropa Barat, wilayah yang relatif konservatif selama fase penggandaan, di mana lebih dari 51% investor memperkirakan bahwa harga tertinggi berikutnya akan melebihi $100,000.

Studi tersebut juga mengungkapkan tren menarik dalam niat berinvestasi pada tahun 2024. Sekitar 70% peserta di wilayah yang disurvei menyatakan niat yang jelas untuk meningkatkan investasi kripto mereka, yang menunjukkan keyakinan tinggi terhadap potensi pasar kripto. Tren ini terutama terjadi di kawasan seperti MENA dan Eropa Timur, di mana terdapat tren peningkatan tingkat investasi yang lebih tinggi. Sebaliknya, Asia Tenggara dan Asia Timur mempunyai prospek investasi yang lebih beragam dan diperkirakan akan mempertahankan tingkat investasi saat ini.

Gracie Chen, CEO Bitget, mengatakan: “Penelitian Bitget mengenai dampak pengurangan separuh BTC memberikan wawasan berharga tentang lanskap investasi mata uang kripto yang terus berkembang.” Hasil ini mencerminkan berbagai ekspektasi dan rencana investasi dan menunjukkan bahwa tahun 2024 akan menjadi tahun yang penting bagi pasar Bitcoin.

“Kami senang melihat sentimen positif terbangun seiring dengan terus pulihnya kondisi pasar. Di Bitget, kami sangat percaya pada potensi Bitcoin untuk menjadikan dirinya sebagai penyimpan nilai global. Sebagai bursa terkemuka, kami ingin berkontribusi pada pertumbuhan dan pengembangan ekosistem Bitcoin melalui penawaran produk inovatif, sumber daya pendidikan, dan dukungan komunitas yang tiada henti. Jalan ke depan tetap menjanjikan dan kami berharap dapat memberdayakan lebih banyak investor dan institusi untuk berpartisipasi dalam kisah sukses Bitcoin yang sedang berlangsung,” kata Gracie, Jumat (2 September 2022).

Tinggalkan komentar