Sam Altman Berencana Bangun Pabrik Chip AI Global

LONDON – CEO OpenAI Sam Altman baru-baru ini mengumumkan rencana untuk membangun pabrik chip AI global. Mereka berencana untuk memenuhi pasokan chip AI, yang akan terus meningkatkan permintaan di seluruh dunia.

Langkah ini dilakukan di tengah keyakinan Altman bahwa industri AI yang masih baru akan segera menghadapi kekurangan chip yang dibutuhkannya. Perkiraan produksi semikonduktor terkait AI saat ini tidak memenuhi permintaan yang diharapkan.

Altman khawatir tanpa pasokan chip, adopsi AI secara luas akan terhambat. Dia juga mengungkapkan bahwa saat ini dia membutuhkan dana sekitar $100 miliar untuk melaksanakan rencananya.

Menurut Gizmochina, Minggu (21/1/2024), pada tahap pertama ini Altman sedang berdiskusi dengan calon investor besar, termasuk G42 yang berbasis di Abu Dhabi dan SoftBank Group Jepang.

Pembicaraan Altman dengan G42 berkisar antara $8 miliar hingga $10 miliar. Usaha ini sangat penting bagi pertumbuhan OpenAI di masa depan, karena Altman telah meningkatkan permintaan chip perusahaan.

Sekadar informasi, langkah Altman membuat chip berbeda dengan strategi pemain besar industri AI lainnya, seperti Google, Amazon, dan Microsoft yang biasanya membuat chip sendiri dan melakukan outsourcing produksinya.

Membangun dan memelihara pabrik pembuatan chip membutuhkan biaya yang mahal dan sumber daya yang intensif. Membangun satu pabrik manufaktur yang canggih akan menelan biaya puluhan miliar dolar, dan membangun jaringan fasilitas tersebut akan memakan waktu bertahun-tahun.

Rincian diskusi Altman dengan pendukung keuangannya belum tersedia. Jadi mari kita nantikan perkembangan di masa depan.

Tinggalkan komentar