Profil dan Agama Joko Anwar, Sutradara Terkenal Dalam Film Bergenre Horor

pemainku.com, Jakarta Joko Anwar merupakan sutradara yang sangat populer di dunia perfilman Indonesia dengan berbagai karyanya yang selalu sukses di pasaran, khususnya bergenre horor.

Film terbaru Joko Anwar yang dijadwalkan rilis pada tahun 2024 ini kembali mengusung genre horor dan diberi judul ‘Siksa Kabur’. Christine Hakeem dan Reza Rahadian berperan dalam film tersebut.

Bagi Joko Anwar, “Siksa Kabur” merupakan film layar lebar ke-10 yang ia garap sejak ia mulai bekerja sebagai sutradara pada tahun 2003.

Jika penasaran seperti apa profil Joko Anwar, yuk simak selengkapnya dilansir berbagai sumber pada Jumat (12/1/2024).

Nama Lengkap : Joko Anwar

Tempat dan Tanggal Lahir : Medan, 3 Januari 1976

Usia: 48 tahun

Profesi: Sutradara, Penulis Skenario, Produser, Aktor

Instagram: @jokoanwar

Lahir pada tanggal 3 Januari 1976, ia adalah seorang penulis skenario dan sutradara terkenal Indonesia. Karyanya kerap mendapat review positif dari kritikus film. Umumnya karya-karyanya masuk nominasi festival film bergengsi, dan banyak pula karyanya yang berhasil meraih penghargaan.

Dari berbagai sumber diketahui bahwa sutradara kondang Indonesia ini telah masuk Islam. Dia berperan sebagai pendeta dalam film Eve Mariam dan secara luas dianggap sebagai mualaf karena seringnya dia mengunjungi gereja, namun ternyata ketika dia masuk Islam, dia tetap pada pendiriannya. . SMA Negeri 1 Maiden (1993), Wheeling Park High School, West Virginia, USA (1994), Institut Teknologi Bandung, Teknik Dirgantara (1999)

Joko menulis dan menyutradarai drama saat duduk di bangku SMP sebelum merambah ke dunia perfilman. Setelah lulus kuliah, ia menjadi jurnalis dan kritikus film untuk surat kabar berbahasa Inggris The Jakarta Post.

Inisiasinya dalam dunia perfilman bermula dari perbincangannya dengan sutradara dan produser Nia Denata. Setelah melihat karya Joko, Nia pun tertarik dan mengajaknya berkolaborasi dalam proyek film Arison. Di 2003

Film ini sukses besar dan mendapat pujian kritis, memenangkan dua penghargaan di Festival Film Indonesia 2004 dan MTV Indonesia Movie Awards.

Arsen sukses! Pada tahun 2005, Joko membuat film berjudul Janji Juni. Film komedi romantis ini merupakan film pertamanya yang dibintangi oleh Nicolas Saputra dan Mariana Renata.

Uniknya Janji Juni ditulis pada tahun 1998 saat ia masih kuliah. Film ini memenangkan Film Terbaik di MTV Indonesia Movie Awards 2005 dan masuk nominasi festival film bergengsi seperti Sydney Film Festival dan Busan. Pameran internasional.

Dua tahun kemudian, Joko Anwar kembali membuat Kala yang juga dikenal sebagai film noir atau kriminal pertama di Indonesia. Kaala menerima pujian kritis dari kritikus internasional dan memenangkan Penghargaan Juri di Festival Film Asia New York 2008. Film tersebut dikatakan sebagai film cerdas, mengingatkan pada karya Fritz Lang.

Joko telah menulis untuk sutradara lain, termasuk film komedi Quickie Express, yang memenangkan kategori Film Terbaik di Festival Film Internasional Jakarta 2008, dan Jakarta Undercover.

Setelah dua proyek film, Joko menulis skenario untuk Fixi, yang mendapat pujian kritis internasional dan memenangkan Film Terbaik dan Skenario Terbaik di Festival Film Indonesia 2008.

Pada tahun 2009, Joko mencoba peruntungannya dengan film thriller psikologis berjudul Pintu Terlarang yang kembali mendapat pujian dan apresiasi dari kritikus film di seluruh dunia.

Pada tahun 2017, Joko membuat ulang film horor populer Pengabdi Setan yang sebelumnya dirilis pada tahun 1980, dan berhasil menarik lebih dari 4 juta penonton selama 24 hari, menjadi film paling menakutkan di Indonesia yang pernah ada.

Syuting film terbarunya “Siksa Kabore” dari produksi “Ao Dekho” sudah berlangsung dan dijadwalkan tayang pada tahun 2024. Pada tahun 2005, Juni memenangkan Film Terbaik di MTV Indonesia Movie Awards 2007. Majalah Inggris Sight and Sound menganugerahkan Kaala Best Film dan Joko Best Asian Director tahun ini. Pada tahun 2008, Fixie memenangkan Film Terbaik dan Skenario Terbaik di FFI 2008 2009 Pintu Terlarang Puchon International Fantastic Film Festival 2009 2011 Modus Anomaly memenangkan Buchon Award di ajang Asia Fantastic Film Network (NAFF).

Dalam pertemuan tersebut Joko Anwar membenarkan bahwa pengerjaan Pengabdi SETAN 3 sedang berlangsung, ia berjanji cerita yang dihadirkan di film ketiganya akan lebih besar.

Ya, karya-karya tersebut adalah Half World, Season One (2015), Folklore, Episode: A Mother’s Love (2018).

Tinggi badan Joko Anwar diketahui 1,81 meter.

Tinggalkan komentar