Menyelami Jejak Cinta: Mengungkap Sejarah dan Asal Usul Valentine

Jakarta – Hari Valentine atau dikenal juga dengan sebutan Hari Valentine merupakan hari libur yang dirayakan pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya.

Namun, asal usulnya terkait dengan sejarah yang agak kelam dan berbagai tradisi serta legenda dari zaman kuno terhubung dengannya.

Sebuah teori yang populer adalah bahwa Hari St. Valentine berakar pada festival pagan kuno yang dikenal sebagai Lupercalia, yang dirayakan oleh orang Romawi pada pertengahan Februari.

Lupercalia berasal dari zaman Romawi kuno dan dipuja sebagai festival kesuburan dan kesehatan. Dalam perayaan ini, para pemuda Romawi mengadakan undian untuk memilih nama gadis yang akan menjadi pendamping tahun tersebut.

Beberapa ahli berpendapat bahwa Gereja Kristen kemudian mencoba mengganti hari raya ini dengan perayaan Hari Valentine.

Ada beberapa cerita tentang asal usul nama “Valentine” yang berhubungan dengan Santo Valentine, seorang martir Kristen yang konon meninggal pada abad ke-3 Masehi.

Salah satu legenda yang paling populer adalah tentang pendeta Kristen Valentine, yang membantu pasangan muda untuk menikah secara diam-diam, bahkan Kaisar Claudius II. melarang pernikahan antara tentara Romawi.

Ketika Valentine ditangkap, dia dipenjara dan akhirnya dieksekusi pada 14 Februari. Sebelum dieksekusi, dia dikabarkan telah mengirimkan surat cinta terakhir kepada gadis yang dicintainya dan menandatanganinya “From your Valentine”.

Meskipun cerita-cerita ini memberikan sedikit gambaran tentang asal usul Hari Valentine, kenyataannya masih banyak yang belum diketahui.

Hari Valentine yang kita kenal sekarang sudah menjadi hari libur sedunia yang penuh dengan tradisi seperti memberikan kartu Hari Valentine, coklat, dan bunga kepada orang yang kita cintai.

Bagi sebagian orang, Hari Valentine bisa menjadi kesempatan untuk merayakan cinta dan hubungan, bagi sebagian lainnya ini lebih merupakan kesempatan untuk mengingat dan menghormati tradisi sejarah di balik liburan ini. Ada Geger Kuburan Orang Kaya Letaknya di Tempat Penampungan Air. Kok Bisa? Belum lama ini, sebuah penemuan arkeologi yang menakjubkan mengungkap kisah keluarga yang menyentuh dari zaman Romawi kuno di Bulgaria. Ada kuburan yang tidak biasa pemainku.com.co.id 2 Maret 2024

Tinggalkan komentar