Makanan/Minuman Ini Bisa Picu Keinginan Merokok, Apa Alternatifnya?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ingin berhenti merokok? Ternyata, makanan juga dapat membantu memperbaiki rencana tersebut.

Penting untuk memahami dan menghindari makanan yang dapat berkontribusi besar terhadap kehidupan bebas rokok. Ekta Singhwal, ahli gizi di Ujala Signs Group of Hospitals di India, mengatakan beberapa makanan mungkin mengandung lebih sedikit nikotin, meskipun beberapa mengandung kadar nikotin yang lebih rendah dibandingkan tembakau.

Seperti dilansir The Indian Express, Sabtu (6/1/2024), Singhwal mengatakan, “Tapi memakannya bisa menyebabkan reaksi nikotin ringan.”

Singhwal menunjukkan bahwa makanan tinggi gula dapat berkontribusi terhadap penambahan berat badan. Hal ini membuat khawatir orang-orang yang sedang dalam proses berhenti merokok.

Memahami makanan penyebab merokok

Makanan pemicu adalah makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan atau berhubungan dengan kebiasaan merokok. Mengetahui dan menghindari pemicu-pemicu ini penting untuk menjalani kehidupan bebas rokok.

Berikut adalah beberapa makanan pemicu yang paling umum dan mengapa makanan tersebut dapat menjadi tantangan bagi individu yang mencoba berhenti merokok.

1. Terlalu banyak kafein

Kafein dan nikotin seringkali berkaitan erat. Bagi banyak perokok, secangkir kopi dan sebatang rokok adalah sebuah ritual. Mengonsumsi terlalu banyak kafein bisa membuat Anda ingin merokok lagi.

Alternatif: Pilih teh herbal, kopi tanpa kafein, atau kurangi asupan kafein secara bertahap untuk mengurangi efeknya.

2. Anggur

Alkohol dan merokok sering kali berjalan seiring. Efek sedatif alkohol dapat meningkatkan hambatan sehingga sulit menahan keinginan untuk merokok.

Alternatif: Pilih minuman bersoda atau batasi konsumsi alkohol pada tahap awal berhenti merokok.

3. Makanan enak

Beberapa orang mengasosiasikan merokok dengan hilangnya nafsu makan. Makan junk food seperti merokok dari tangan ke mulut.

Alternatif: Pilih makanan sehat seperti buah-buahan, sayur mayur atau kelapa untuk menyeimbangkan selera tanpa menimbulkan keinginan untuk merokok.

Tinggalkan komentar