Bermasalah, Toyota Tarik Vios dan Veloz Keluaran Terbaru

JAKARTA – Toyota Malaysia mengumumkan penarikan kembali Vios dan Veloz. Model ini mempunyai masalah dengan baut shock depan yang tidak tepat selama produksi.

Berdasarkan laporan Poltan, Jumat (2/2/2024), Toyota Vios dan Velos generasi keempat yang dirilis Juni 2023 terdampak masalah tersebut. Pelanggan yang menerima perangkat tersebut mendapat surat resmi dari UMW Toyota.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa tujuan servis retrofit ini adalah untuk mengencangkan baut shock depan. Ini adalah manual setelah diketahui pengencangan baut atas suspensi depan tidak tepat.

Hasil pemeriksaan menunjukkan besarnya torsi pengencangan baut belum memenuhi standar pabrikan. Kenyataannya, angka ini bisa lebih rendah, yang berarti sekrup yang dipasang lebih sedikit dan dapat menimbulkan risiko lebih besar.

Akibat dari proses pengencangan yang tidak tuntas dapat menimbulkan berbagai dampak, seperti sekrup yang kendor dan menimbulkan bunyi berisik dari depan. Baut yang kendor juga bisa menyebabkan hilangnya kendali pada Toyota Vios generasi keempat.

Proses perbaikannya disebut hanya memakan waktu setengah jam untuk mengencangkan baut suspensi depan. Pelanggan juga tidak dikenakan biaya apapun, karena biaya yang diperlukan sepenuhnya ditanggung oleh UMW Toyota.

“Jika mobil terus-menerus dioperasikan dalam kondisi seperti ini, mur akan kendor dan menimbulkan bunyi yang tidak biasa, mur akan patah dan kehilangan kestabilan mobil. Oleh karena itu, kami melakukan kampanye servis khusus untuk mengatasi masalah tersebut, ” – dia mengatakan surat itu.

Sebelumnya, Toyota juga menarik kembali sejumlah model mobilnya karena beberapa masalah. Bahkan, pabrikan asal Jepang itu memutuskan untuk menghentikan sementara ekspor mobil diesel ke beberapa negara tujuan.

Toyota juga mengumumkan penarikan kembali sejumlah model lama karena kantung udara bisa meledak. Bahan kimia kantung udara bisa menguap seiring bertambahnya usia, sehingga berpotensi membahayakan penumpang.

Sekitar 50.000 kendaraan, seperti Toyota Corolla 2003-2004, Toyota Corolla Matrix 2003-2004, dan Toyota RAV4 2004-2005, disarankan untuk tidak digunakan sebelum perbaikan.

Tinggalkan komentar